6 Tips Sukses Presentasi Dalam Bahasa Inggris Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Di jenjang sekolah menengah maupun perguruan tinggi, kegiatan presentation atau presentasi bukanlah suatu hal yang aneh. Bahkan, terkadang siswa atau mahasiswa diharuskan untuk presentasi dengan bahasa asing seperti menggunakan bahasa Inggris. Hal ini tentu bukan hal mudah bagi sebagian orang, yang seringkali merasa gugup setiap kali melakukannya, apalagi jika harus berbahasa asing seperti bahasa inggris. Maka untuk kamu yang masih merasa canggung, ada baiknya kamu mempelajari sejumlah tips presentasi dalam bahasa Inggris.

Untuk menyampaikan sebuah presentasi memang dibutuhkan kepercayaan diri yang tinggi. Terlebih saat mempresentasikannya dengan bahasa Inggris. Kamu harus benar-benar memperhatikan secara detail struktur bahasa, intonasi dan lain-lain. Oleh karena itu, agar presentasi bahasa Inggris kamu berhasil, maka kamu bisa lakukan beberapa hal, seperti berikut ini.

  1. Gunakan Kalimat Pembuka

Menggunakan kalimat pembuka adalah tips pertama yang akan menentukan keberhasilan kamu saat presentasi dengan bahasa Inggris. Jangan lupa untuk menggunakan kalimat pembuka yang baik sebagai tahap awal saat melakukan presentasi.

Ada beberapa kalimat pembuka yang biasa digunakan saat melakukan presentasi berbahasa Inggris, seperti berikut:

  • Good Morning, Thank you for coming to this presentation. An honor to meet you here.
  • Assalamualaikum Wr. Wb. I would like to say thank you for coming to my presentation. It’s great to see you all.
  • Good Morning, Ladies and gentlemen. I’m glad to see you all.
  1. Perkenalkan Diri

Tahap berikutnya adalah memperkenalkan diri kepada audience dalam bahasa Inggris. Hal ini sangat penting mengingat audience harus tahu dengan siapa mereka akan berdiskusi. Selain itu, tak hanya saat presentasi, memperkenal diri juga penting ketika kamu presentasi secara berkelompok.

Adapun contoh perkenalan diri yang biasa digunakan dalam presentasi berbahasa Inggris, seperti berikut :

  • Let me introduce myself. My name is Bayu, and I am from Chicago…
  • Okay, Let me introduce myself and my partner. I am Bayu and my partner is Eko, we are from Group Three…
  1. Sampaikan Tujuan dan Maksud Presentasi

Setelah melakukan perkenalan, tahap berikutnya adalah menjelaskan tujuan dan maksud presentasi yang dibuat. Hal ini berguna agar audiens memahami apa saja pokok bahasan yang akan disampaikan. Adapun contoh penyampaian yang biasa digunakan dalam presentasi berbahasa Inggris adalah sebagai berikut.

  • The purpose of the presentation is…
  • Please look at the picture. Okay? Can you see the picture? What do you see in the picture? Nice, we will continue to find out what is going on there.
  1. Sampaikan Materi Presentasi

Lantaran presentasi akademik sudah pasti membahas sebuah materi pelajaran, tentu berbagai teori akan kamu paparkan dalam beberapa slide. Namun, bedanya adalah kamu harus menyampaikan dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

Maka hindari berbicara terlalu cepat supaya audiens dapat memahami materi yang kamu sampaikan. Selain itu, kamu juga bisa gunakan slide sesederhana mungkin. Gunakan infografis menarik dengan sedikit teks yang cuma berupa poin-poin saja, agar penonton lebih perhatian pada penjelasanmu.

  1. Interaksi dengan Audiens

Yang cukup penting dalam presentasi menggunakan bahasa Inggris adalah jangan malu berinteraksi dengan audiens. Kamu tentu tahu bahwa para audiens itu adalah teman-temanmu sekelas, jadi sesekali libatkan mereka. Mulai dari melontarkan pertanyaan singkat, menggunakan perumpamaan yang lebih relevan dan mudah dipahami, sampai melontarkan jargon supaya suasana mencair.

Adapun beberapa kalimat bahasa Inggris yang biasa digunakan untuk mempersilahkan audiens bertanya, seperti berikut:

  • Anybody would like to ask?
  • Feel free to interrupt me if you have something to ask.
  1. Berikan Kesimpulan

Tips terakhir presentasi akademik dengan bahasa Inggris yakni menyampaikan kalimat penutup. Sampaikan salam penutup kepada audiens ketika presentasi telah selesai. Tentunya, hal ini bertujuan sebagai apresiasi kepada audiens yang telah meluangkan waktu menyimak seluruh materi presentasi kamu. Adapun contoh kalimat penutup dalam bahasa Inggris saat presentasi adalah sebagai berikut.

  • Thank you very much for your great attention, ladies, and gentlemen.
  • Thank you so much for your attention.

Dengan menerapkan tips presentasi bahasa Inggris di atas, bukan tak mungkin kamu bisa melakukan presentasi di sekolah maupun kampus lebih maksimal. Kemampuan presentasi dengan bahasa Inggris yang baik tentu sangat membantu dalam memperoleh nilai memuaskan serta menjadi modal untuk karir di masa depan. Nah, kalau kamu mau kursus atau butuh bimbingan skill academic presentation dengan bahasa Inggris, Inlingua Indonesia adalah solusinya.

Inlingua Indonesia menyediakan program kursus bahasa Inggris dengan metode pembelajaran yang mudah dan menyenangkan. Selain itu, Inlingua Indonesia juga memiliki platform online learning my inlingua untuk kalian yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa inggris yang dimulai dari rentang usia 6 tahun-dewasa, dengan beragam program seperti:

Untuk memastikan kamu mendapatkan program yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa berkonsultasi dengan program counselor Inlingua Indonesia di @inlingua.idn.

Inlingua Indonesia telah berpengalaman lebih dari 50 tahun dalam pendidikan bahasa asing. Para pengajar di Inlingua Indonesia juga telah mendapat sertifikasi resmi. Selain itu Inlingua juga berkolaborasi dengan Cambridge University dan  Official IELTS™ Test Center, untuk menyelenggarakan program kursus bahasa asing berstandar internasional. Kunjungi laman Academic Bridging Program  atau @inlingua.idn untuk mendapatkan informasi program dan promo menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.