Cara Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak di Rumah

Mengajarkan bahasa asing kepada anak sejak dini memang tidaklah mudah. Salah satunya adalah bahasa Inggris. Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris perlu diajarkan karena dibutuhkan dalam dunia akademis maupun bidang kehidupan lainnya.

Hampir sebagian besar anak-anak diajarkan bahasa Inggris hanya saat berada di sekolah. Ketika di rumah, justru mereka jarang mengasah kembali pelajaran tersebut. Tentunya, orang tua perlu berperan aktif dalam mengajarkan anak berbahasa Inggris. Pasalnya, membiasakan anak belajar bahasa Inggris dimana pun membuat mereka lebih cepat menangkap dan menguasainya. Nah, berikut ini ada beberapa tips mengajarkan anak bahasa Inggris di rumah.

  1. Rutin berbahasa Inggris

Berlatih secara rutin merupakan cara terbaik untuk menguasai bahasa Inggris. Dengan mengatur waktu yang baik, setiap harinya orang tua bisa mengajarkan anak bahasa Inggris. Gunakan waktu misalnya 15 hingga 20 menit tiap harinya agar anak-anak tidak bosan. Menerapkan waktu yang singkat namun efektif lebih baik ketimbang mengajarkan dalam sesi yang lama namun tidak teratur.

  • Buat Sesi Belajar yang Menyenangkan

Orang tua perlu menerapkan trik khusus bagi anak-anak agar mau belajar di rumah.  Pasalnya, membuat anak senang belajar bukan hal mudah. Oleh karenanya, para orang tua bisa mengajarkan dengan melibatkan mereka dalam sebuah permainan. Beberapa contoh permainan yang bisa dilakukan seperti bermain game yang ada di smartphone, permainan scrabble, atau permainan yang berbahasa Inggris lain sesuai usia anak. Dengan begitu, anak akan gembira dan tertarik melakukannya.

  • Mengambil Momen sehari-hari untuk Belajar hal baru

Seperti yang sudah dijelaskan, orang tua harus pandai melihat peluang yang bisa digunakan untuk mengajarkan anak hal baru. Menerangkan bahasa Inggris bisa lebih mudah dengan memanfaatkan situasi sehari-hari. Ajarkan mereka tebiasa berbicara topik apapun sambil diselingi bahasa Inggris dalam situasi dan kondisi sehari-hari.

Membantu anak belajar bahasa Inggris juga bisa dengan memperkenalkan pada benda-benda yang ada di sekitar rumah. Cobalah meminta mereka menyebutkan nama benda dalam bahasa Inggris atau menjelaskan fungsi dari benda tersebut. Dengan begitu, anak-anak akan cepat terbiasa mengucapkan bahasa Inggris.

  • Ikuti Kebiasaan yang Mereka Suka

Agar lebih mudah saat mengajarkan anak bahasa Inggris adalah mengikuti kemauan atau topik yang mereka sukai. Biarkan anak melakukan kegiatan yang disukai, misalnya bernyanyi, membaca, menonton film atau mendengarkan lagu. Sambil menikmati yang mereka suka, orang tua bisa membimbing anak menuturkan atau menghafal kata dalam bahasa Inggris.

Sebagai contoh, misalnya anak suka menonton film, maka orang tua bisa menyajikan film seusia mereka yang menggunakan narasi atau teks bahasa Inggris. Begitu juga, jika anak suka membaca, orang tua bisa membelikan buku bergambar dengan warna yang cerah. Dengan buku bergambar, lebih mudah dan menarik untuk menjelaskan bahasa Inggris.

  • Jangan terpaku pada Tata Bahasa (grammar)

Tips terakhir untuk orang tua saat mengajarkan anak bahasa Inggris di rumah adalah tidak memaksakan tata bahasa (grammar) yang diucapkan. Penting bagi orang tua tahu bahwa kesalahan grammar yang diucapkan oleh anak yang baru belajar merupakan hal lumrah. Oleh karena itu, orang tua tidak perlu risau apalagi sampai memarahi yang membuat anak tertekan. Biarkan mereka melakukan kesalahan selagi mereka berbicara ataupun mengekspresikan diri. Orang tua bisa mengoreksi kesalahan yang dilakukan sedikit demi sedikit dengan penuh kesabaran.

Bagi orang tua yang kesulitan mengajarkan anak bahasa Inggris di rumah, kini bisa mendaftarkan ke tempat kursus Inlingua Indonesia. Inlingua Indonesia menyediakan program kursus bahasa Inggris dengan metode pembelajaran yang mudah dan menyenangkan. Selain itu, Inlingua Indonesia juga memiliki platform online learning my inlingua untuk kalian yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa inggris yang dimulai dari rentang usia 6 tahun-dewasa, dengan beragam program seperti:

Untuk memastikan kamu mendapatkan program yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa berkonsultasi dengan program counselor Inlingua Indonesia di @inlingua.idn.

Inlingua Indonesia telah berpengalaman lebih dari 50 tahun dalam pendidikan bahasa asing. Para pengajar di Inlingua Indonesia juga telah mendapat sertifikasi resmi. Selain itu Inlingua juga berkolaborasi dengan Cambridge University dan  Official IELTS™ Test Center, untuk menyelenggarakan program kursus bahasa asing berstandar internasional. Kunjungi laman Inlingua Indonesia  atau @inlingua.idn untuk mendapatkan informasi program dan promo menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.