Ini 6 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Ambil Test TOEFL

Sudah sejak lama bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa paling superior di Indonesia. Bahasa internasional kalau kata banyak orang, yang akhirnya membuat kita harus mempelajarinya untuk berkomunikasi secara global. Hal ini pula yang akhirnya membuat jumlah penyedia test TOEFL di Jakarta makin meningkat.

Tunggu, memang apa kaitannya penggunaan bahasa Inggris dengan test TOEFL di Jakarta? Kaitannya sangat erat.

Jika Kamu ingin memperoleh pengakuan terhadap kemampuan berbahasa inggris, TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah salah satu indikatornya. Saat ini nilai TOEFL bahkan menjadi syarat untuk menempuh jenjang pendidikan tinggi atau bekerja di luar negeri, terutama negara-negara dengan bahasa pengantar utamanya bahasa Inggris. TOEFL sendiri ditemukan dan dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service) di New Jersey, Amerika Serikat pada tahun 1963. Sebagai ibukota negara Indonesia, menemukan penyedia test TOEFL di Jakarta tentu bukanlah hal sulit. Kamu bisa mencoba kemampuan bahasa Inggris dengan mengikuti tes TOEFL baik jenis CBT (Computer Based Test), PBT (Paper Based Test) atau IBT (Internet Based Test).

Ini Alasan Kenapa Wajib Ikut Test TOEFL di Jakarta

Ada banyak sekali alasan kuat kenapa kalian harus mulai mempertimbangkan ikut TOEFL saat ini juga. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Syarat Kuliah di Luar Negeri

Inilah alasan pertama bagi Kamu yang mengincar kuliah di luar negeri. Terlebih lagi kalau Kamu ingin kuliah dengan jalur beasiswa. Pihak penyedia beasiswa seperti Chevening (Inggris), AAS (Australia), Fulbright (Amerika Serikat), sampai ICCR (India) masih mewajibkan sertifikat TOEFL. Setiap lembaga penyedia beasiswa, juga punya aturan minimal skor TOEFL jika ingin terpilih.

2. Syarat Bekerja di Luar Negeri

Ingin bekerja di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia atau Selandia Baru? Sertifikat TOEFL adalah hal yang wajib disertakan. Tak hanya ke luar negeri, beberapa perusahaan papan atas negeri ini juga meminta sertifikat TOEFL untuk calon karyawan, demi membuktikan kemampuan diri selain CV dan surat rekomendasi.

3. Menguji Kemampuan Berbahasa Asing

Tak hanya untuk kuliah atau bekerja saja, mengikuti ujian TOEFL juga bisa membuat Kamu tahu sejauh mana kemampuan bahasa Inggris baik dalam bercakap, menulis atau mendengarkan. Dengan begitu Kamu bisa memperbaiki kemampuan dan menambah rasa percaya diri. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuanmu dalam berbahasa inggris, Kamu bisa mengikuti TOEFL Prediction Test yang diselenggarakan oleh Inlingua Indonesia sebagai bekal buat Kamu lebih percaya diri, untuk mengikuti Official TOEFL Test nanti. Sebelum mengikuti Tes ini kamu bisa berkonsultasi dengan program counselor Inlingua Indonesia melalui @inlingua.idn.

4. Syarat Masuk Kuliah

Tak hanya untuk kuliah di luar negeri, beberapa PTN (Perguruan Tinggi Negeri) atau PTS (Perguruan Tinggi Swasta) ternama di Indonesia, mewajibkan calon-calon mahasiswa harus punya sertifikat TOEFL. UGM (Universitas Gadjah Mada) di Yogyakarta misalnya, kalau Kamu mau lanjut jenjang S2, wajib punya minimal skor IBT – TOEFL sebesar 45 dan ITP (Institutional Testing Program) TOEFL sebesar 450.

5. Syarat Lulus Kuliah

Tak hanya saat mau jadi mahasiswa baru, sejumlah PTN dan PTS rupanya juga mewajibkan mahasiswa yang ingin lulus kuliah punya sertifikat TOEFL. Kamu harus ikut tes TOEFL lagi dan mampu menembus skor minimal yang ditetapkan pihak kampus, jika hendak mendaftar ujian sarjana. Nggak lucu dong batal ujian sarjana cuma karena tak punya nilai TOEFL?

6. Syarat Seleksi CPNS

Tak hanya keperluan pendidikan dan pekerjaan di luar negeri, TOEFL juga dibutuhkan untuk pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sudah sejak lama, syarat ini diberlakukan oleh pemerintah dalam menjaring para abdi negara. Meski begitu, tidak semua instansi mewajibkan pelamar melampirkan sertifikat TOEFL. Hanya beberapa instansi tertentu saja yang mewajibkan syarat tersebut sebagai salah satu dokumen dalam pendaftaran CPNS.

Lantaran sertifikat TOEFL penting sebagai standar tolak ukur kemampuan bahasa Inggris Kamu, tentu mulai sekarang Kamu harus memilih penyedia test TOEFL yang berkualitas. Pastikan lembaga penyedia TOEFL tersebut memiliki lisensi khusus supaya sertifikat yang dikeluarkan akan diakui dan bisa digunakan dalam lingkup global.

Nah, nggak usah bingung kalau kamu mau ikut tes TOEFL di Jakarta, karena sudah banyak lembaga kredibel seperti halnya Inlingua Indonesia.

Sebagai lembaga resmi yang menyediakan tes TOEFL dan IELTS di Jakarta, Inlingua Indonesia juga menyediakan platform online learning my inlingua bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri untuk mengikuti TOEFL dan IELTS official Test  agar target score yang kamu inginkan tercapai.

Inlingua Indonesia telah berpengalaman lebih dari 50 tahun dalam pendidikan bahasa asing. Para pengajar di Inlingua Indonesia juga telah mendapat sertifikasi resmi. Selain itu Inlingua juga berkolaborasi dengan Cambridge University dan  Official IELTS™ Test Center, untuk menyelenggarakan program kursus bahasa asing berstandar internasional. Kunjungi laman Programs – International – IELTS  atau @inlingua.idn untuk mendapatkan informasi dan promo kursus bahasa Inggris serta sertifikasi TOEFL dan IELTS lebih lengkap.

Leave a Comment

Your email address will not be published.