Mengenal Apa itu IELTS dan Manfaatnya untuk Masa Depan

Di era globalisasi ini kemampuan bahasa Inggris sangat diperlukan untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing. Standar pengukuran kemampuan berbahasa Inggris pun beragam, salah satunya dengan program IELTS. Apa sih itu IELTS? Lalu, apa perbedaannya dengan TOEFL? Simak penjelasannya.

Apa itu IELTS?

IELTS (International English Language Testing System) merupakan sistem untuk menguji kemampuan Kamu dalam berbicara, membaca, mendengar, dan menulis dalam bahasa Inggris. Hasil tes IELTS akan mempengaruhi kesempatan Kamu dalam melanjutkan studi atau meningkatkan prospek karir. Hasil tes ini tentunya diakui oleh lembaga pendidikan, perusahaan, instansi pemerintahan, serta asosiasi profesional di seluruh dunia.

Materi IELTS dan Perbedaanya dengan TOEFL

Untuk materi yang diujikan dalam program IELTS sendiri mencakup kemampuan berbicara (speaking), membaca (reading), mendengarkan (listening), dan menulis (writing). Tes IELTS umumnya dilakukan secara bertahap dalam hari yang sama. Namun, bisa saja berbeda tergantung dengan aturan lembaga bahasa yang menyelenggarakan.

Lalu, apa sih perbedaan IELTS dengan TOEFL? Bila TOEFL cenderung menilai kemampuan bahasa Inggris dengan aksen Amerika, IELTS lebih menekankan pada aksen British. TOEFL sendiri memiliki dua tipe umum yakni ITP (Institutional Testing Program) yang digunakan di wilayah Asia dengan penilaian institusional, sehingga hanya dipakai dalam wilayah lokal tertentu, serta IBT (Internet Based Testing) yang berlaku di seluruh dunia karena dikirim langsung ke ETS.

Sementara IELTS pada mulanya diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia. Peserta tes IELTS, bisa memilih Modul Akademik (untuk kuliah) atau Modul Pelatihan Umum (untuk bekerja). Untuk penilaian, IELTS dan TOEFL juga berbeda. Misalnya, standar nilai TOEFL ITP adalah 310 sampai 677, kemudian TOEFL IBT memiliki nilai maksimum 120. Sedangkan, hasil penilaian dalam tes IELTS mempunyai skor akhir 0-9 baik pada setiap tahapan dan penilaian akhir.

Manfaat Ikut Tes IELTS

  1. Keperluan Studi

Mendapatkan nilai IELTS terbaik membuka kesempatan Kamu untuk lebih mudah melanjutkan pendidikan ke universitas terkemuka di dunia. Sebagai contoh, dengan minimal skor IELTS yakni 6,0 hingga 7.0 untuk program pascasarjana, Kamu bisa melanjutkan studi ke universitas di luar negeri.

  1. Membuka Peluang Karir di Luar Negeri

Tak hanya di dunia pendidikan, hasil IELTS juga memberikan kesempatan yang luas untuk berkarir di bidang profesional. Kamu yang sudah pernah mengambil IELTS untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi, tentunya akan lebih mudah menjalani tes tersebut. Kesempatan untuk mendaftarkan status profesional di negara berbahasa Inggris, misalnya untuk  profesi kedokteran, teknik, keguruan, dan lain-lain, peluangnya akan lebih terbuka lebar.

  1. Percaya Diri dalam Bernegosiasi dan Presentasi

Mempelajari IELTS akan meningkatkan keterampilan Kamu dalam percakapan bahasa Inggris. Kamu akan terbiasa mendengar dan berbicara bahasa Inggris yang fasih dengan struktur dan grammar yang baik.  Maka dengan begitu, komunikasi Kamu dengan orang lain untuk kepentingan negosiasi atau presentasi bisa lebih mudah.

  1. Keperluan Imigrasi

Satu lagi manfaat penting IELTS adalah untuk keperluan imigrasi. Di beberapa negara seperti Inggris, Australia, Kanada dan Selandia Baru, skor IELTS dibutuhkan sebagai syarat pengajuan permanent residency. Oleh karenanya, IELTS menjadi syarat supaya Kamu bisa memperoleh izin tinggal di negara tersebut.

Nah, sudah paham apa itu IELTS dan manfaatnya di kemudian hari ? Tunggu apalagi sekarang Kamu bisa coba tes IELTS di Inlingua Indonesia. Sebagai lembaga resmi yang menyediakan tes TOEFL dan IELTS di Jakarta, Inlingua Indonesia juga menyediakan platform online learning my inlingua bagi kalian yang ingin mempersiapkan diri untuk mengikuti TOEFL dan IELTS official Test.  

Inlingua Indonesia telah berpengalaman lebih dari 50 tahun dalam pendidikan bahasa asing. Para pengajar juga telah mendapat sertifikasi resmi. Inlingua berkolaborasi dengan Cambridge University dan  Official IELTS™ Test Center, untuk menyelenggarakan program kursus bahasa asing berstandar internasional.

Kunjungi laman Programs – International – IELTS  atau @inlingua.idn untuk mendapatkan informasi dan promo kursus bahasa Inggris serta sertifikasi TOEFL dan IELTS lebih lengkap.

Keyword: Apa itu IELTS

Metades: Standar pengukuran kemampuan berbahasa Inggris salah satunya dengan program IELTS. Apa sih itu IELTS? Lalu, apa perbedaannya dengan TOEFL?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *